Friday, March 1, 2019

Shortcut Excel Yang Sangat Membantu Pekerjaan


Bagi pekerja kantoran terutama yang bekerja di bagian administarsi, bekerja dengan excel seperti suatu keharusan yang tidak bisa dihindari. Bekerja di bagian administrasi pasti akan berhadapan dengan data, daftar nama, daftar barang dan lain-lain.

Bekerja dengan excel sebenarnya sangat mudah karena software legendaris ini memiliki tampilan yang sangat user friendly dan tool-tool yang sangat powerful. Namun akan sedikit menyita waktu jika kita berkutat dengan data yang banyak. Berikut adalah beberapa shortcut yang sesuai pengalaman saya sangat membantu mempercepat waktu dalam menyelesaikan suatu pekerjaaan.


1.  Ctrl+;
Shortcut ini berfungsi untuk memasukan tanggal hari ini kedalam cell. Misal sesuai tanggal pada hari ini yaitu 1 Maret 2019 kita menekan shotcut ini pada sel tertentu maka sel tersebut akan otomatis terisi dengan tanggal hari ini yaitu 3/1/2019.

2. F4
Fungsi dari shortcut satu ini adalah untuk mengulangi perintah sebelumnya. Akan sangat membantu kita jika harus mengerjakan suatu data yang perlu di berikan format yang sama namun terletak pada baris atau kolom yang tidak berurutan sehingga tidak bisa di format satu kali. 

Contohnya:
Kita mempunyai denah seperti berikut. 



Setelah mengalamai beberapa kali perubahan akhirnya kita akan menggunakan format seperti nomor 005 dst. Nomor 001 s/d 004 masih menggunakan format sebelumnya jadi akan di rubah formatnya ke format baru.

Karena nomor 001 letaknya tidak berurutan maka format sel tidak bisa dilakukan sekaligus. Disinilah F4 akan sangat membantu. Caranya terlebih dahulu kita copy format pada nomor 005 kemudian paste formattnya ke nomor 004. Untuk nomor selanjutnya kita tinggal blok dan tekan F4, otomatis paste formatting akan diulang.



Jika tidak menggunakan F4 maka kita harus melakukan beberapa kali klik yang cukup membuang waktu dan melelahkan jika akan dilakukan berulang-ulang.

Postingan ini akan saya update secara berkala jika ada tambahan. Klo mas bro ada tambhan sesuai pengalaman masing-masing silahkan ditambhakan pada komentar.

Semoga bermanfaat

No comments: