Monday, May 29, 2017

Tujuh Langkah Memperbaiki UPS yang Rusak


UPS kamu rusak karena sudah lama dipakai? Mau ganti?
UPS rusak belum tentu harus diganti dengan yang baru. Masalah terbesar di UPS biasanya adalah dibagian baterai. UPS yang fungsi utamanya sebagai Unit Penampunng Strum sehingga kompi kamu bisa tetep hidup saat listrik tiba-tiba padam.

Untuk teman-teman yang berada didaerah yang sangat jarang mati lampu mungkin tidak terlalu membutuhkan UPS, tapi kalau teman-teman yang tinggal di daerah Indonesia timur yang mungkin frekuensi matlampnya lebih sering, UPS kadang menjadi kebutuhan yang tidak bisa dikesampingkan jika ingin si kompi awet.

Nah buat temen-temen yang kebetulan UPSnya lagi rusak, jangan buru-buru dibuang UPSnya. Coba diganti saja baterainya. Jika didaerah temen-temen sudah cari baterai UPS ini nih ada solusi yang ampuh:  Mengganti Baterai UPS dengan Aki/Accu motor.




Peralatan yang dibutuhkan:
  •       Obeng
  •       Isolasi
  •       Kabel listrik
  •       Penyambung kabel
 Langah-langkah:

1.    Pastikan UPS kalian masih dalam kondisi dapat di gunakan (lampu masih menyala saat dihubungakn ke sumber listrik)
2.    Pastikan UPS dalam kondisi off, agar tidak tersentrum sewaktu perakitan kemudian buka chasing UPS nya dengan menggunakan obeng.
3.    Lepaskan dua kabel yang terhubung dengan baterai bawaan UPS
4.    Kemudian sambung kabel yang terhubung dengan baterai UPS dengan menggunakan kabel listrik yang telah disediakan sebelumnya. Lalu di isolasi dengan rapi agar tidak konslet nantinya.
5.    Kemudian lubangi chasing UPS agar kabel tersebut dapat di keluarkan dan di hubungkan dengan AKI.
6.    Sambungkan kabel tersebut pada aki, boleh aki mobil ataupun aki motor.
7.     Setelah itu silahkan di coba, nyalakan UPS nya (tanpa di colokan ke listrik) jika ups nyala berarti anda telah sukses mengganti batrai UPS dengan AKI,


Semoga bermanfaat

No comments: